Tips: Ketika BlackBerry Hilang

0
319

Di Indonesia, BlackBerry merupakan sebuah handset yang populer. Begitu populernya hingga keberadaan BlackBerry menjadi stimulus yang kuat untuk orang-orang yang tidak bertanggung jawab apabila ada kesempatan. Tidak terhitung banyaknya aksi kejahatan yang berkaitan dengan BlackBerry, terutama di Indonesia. Apa yang bisa kita lakukan ketika BlackBerry kesayangan hilang?

Tidak banyak orang yang memahami, bahwa BlackBerry yang hilang bisa diblokir penggunaannya. Caranya adalah dengan melaporkan berita kehilangan tersebut ke operator yang digunakan, dengan menyertakan nomor IMEI handset Anda, dan bukti pembelian ponsel untuk berjaga-jaga apabila diperlukan. Kemungkinan besar, pihak operator akan memberikan beberapa syarat, seperti:

Handset BlackBerry tersebut harus dibeli dari operator dan harus bergaransi operator, dan
SIM card yang digunakan harus dengan layanan BIS dari operator yang sama dengan yang tertera di garansi operator.

Untuk melihat nomor IMEI handset kesayangan, Anda dapat melihatnya dengan cara menekan *#06# pada BlackBerry. Nomor IMEI akan muncul secara otomatis tepat setelah kode tersebut dimasukkan. Namun bagaimana apabila handset kesayangan telah hilang sebelum nomornya dicatat? Nomor IMEI yang sama dapat dilihat pada box BlackBerry Anda – pastikan pada saat membeli BlackBerry, nomor IMEI pada box dan pada handset Anda sama. Penjual yang baik juga biasanya mencatatkan nomor IMEI pada bukti penjualan mereka.

Apabila kita datang dengan keluhan kehilangan dan membawa nomor IMEI, pihak operator akan melakukan proses PIN Suspend. Proses ini berfungsi untuk memblokir PIN BlackBerry yang hilang tadi. PIN ini nantinya akan dilaporkan secara global bahwa tidak digunakan lagi.

Setelah PINnya terblokir, BlackBerry hanya dapat berfungsi sebagai ponsel biasa, tidak dapat melakukan BBM dan Push e-mail. Email Anda pun sudah tidak dapat diakses dari BlackBerry tersebut. Kemungkinan untuk mendapatkan kembali handset yang hilang memang kecil, tapi setidaknya kita dapat meminimalisir kerugian sekaligus membuat si pencuri tidak dapat berbuat banyak dengan handset curiannya, karena meski dijual pun harganya akan murah sekali.

Untuk berjaga-jaga dari kehilangan, ada baiknya kita waspada dengan handset kesayangan kita. Pastikan handset kesayangan tidak diletakkan sembarangan, usahakan untuk selalu menyimpan handset dengan baik, dan jika perlu jangan segan untuk menginstall aplikasi dari pihak ketiga yang mampu untuk ‘melindungi’ BlackBerry pada kejadian-kejadian seperti ini. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di pasaran sudah beragam jenisnya, dan dari berbagai provider. Beberapa diantaranya adalah Where’s My Phone, LookOut, BlackBerry Protect, Password Keeper, dan lain-lain.

5. BB hilang resized

Sumber:
Solusi Dahsyat Permasalahan BlackBerry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.