Tips Memilih USB Modem

0
344

Penggunaan internet makin menjamur di Indonesia, dan untuk mendapatkan akses kini tidak lagi khusus di warnet. USB Modem adalah salah satu perangkat yang bekerja dua arah, merubah data digital ke analog (dan sebaliknya) sehingga bisa ditransmisikan. Dengan USB modem, kita tidak perlu lagi repot-repot ke warnet untuk online. tapi bagaimana caranya memilih USB modem yang baik?

1. Dari sisi kualitas
Pilihlaah modem dengan harga wajar. Maraknya penggunaan modem di masyarakat Indonesia menyebabkan banyaak USB modem yang dijual dengan harga murah dan murahan, ataupun mahal dengan kualitas biasa-biasa saja. Lakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan harga pasar dari range modem yang Anda incar.

2. Garansi
Pastikan modem yang akan dibeli memiliki garansi. Garansi USB modem biasanya berkisar antara 6 bulan hingga 1 tahun.

4. Model modem
Hindari modem dengan bentuk yang cantik dan lucu – tidak semua modem dengan bentuk seperti itu adalah modem yang bagus. Hindari modem dengan model lipat, karena konektor USB-nya lebih

cepat rusak.

185px-HuaweiE220
5. Software modem
Tiap modem pasti dilengkapi dengan software untuk konfigurasi. Beberapa modem memiliki setting lengkap, beberapa juga tidak bisa dimodofikasi (locked). Saya menganjurkan Anda memilih modem yang konfigurasinya mudah dan tidak ter-lock. Biasanya modem locked adalah modem yang sudah terintegrasi dengan satu provider internet dan tidak bisa diganti-ganti. Modem yang sudah ter-unlock providernya dapat kita ganti sesuka hati.

6. Provider
Jangan membeli modem GSM untuk kartu CDMA, dan sebaliknya. Pilihlah provider yang sinyalnya paling kuat di lokasi Anda. Pilih yang kecepatannya membuat Anda puas, dan dengan harga yang tidak membuat kantong Anda kering.

Kombinasi antara modem yang baik dan provider yang tepat memang tidak semudah yang dibayangkan, namun pengorbanan Anda akan sepadan dengan kenyamanan ke depannya.

 

Sumber:
gadgetan.com
tokokomputer.nafiricomputer.com
www.pelangibiru.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.