Tips Mendesain Home Screen Android

0
268

Untuk Anda yang bosan dengan tampilan Android yang monoton, sebaiknya membaca artikel ini dengan baik. Tidak hanya menyulap perangkat Anda menjadi sebuah perangkat dengan tampilan berbeda, Anda juga bisa membuat segalanya menjadi lebih tertata sesuai dengan keinginan. Bagaimana caranya?

tema2

Mengubah Background (wallpaper gambar biasa)
Sederhana, pergi ke layar utama pada Android, tap dan tahan pada bidang kosong yang ada, sampai pada bagian bawah layar muncul beberapa icon baru. Icon baru ini adalah tempat dimana kita meletakkan beberapa gambar atau aplikasi live wallpaper yang bisa kita pilih. Kita bisa langsung mengganti dari gambar yang terdapat pada gallery atau dari koleksi default Android. Jika pada Android Anda sudah terinstall live wallpaper, bisa juga memilih pilihan live wallpaper sebagai pengganti background image-nya.

Mengubah background (wallpaper bergerak/live wallpaper)
Tahap ini lumayan panjang. Pertama kita harus mencari live wallpaper yang sesuai dengan keinginan, kemudian mendownload dan menginstallnya. Setelah semuanya sudah dilakukan, caranya hampir sama dengan mengganti background menggunakan gambar biasa: pergi ke layar utama pada Android, tap dan tahan pada bidang kosong yang ada, sampai pada bagian bawah layar muncul beberapa icon baru. Icon baru ini adalah tempat dimana kita meletakkan beberapa gambar atau aplikasi live wallpaper yang bisa kita pilih.

tema3

Mengubah tampilan dengan penggunaan folder
Aplikasi-aplikasi yang sejenis bisa kita kategorikan dalam satu folder, lho. Jadi aplikasi game bisa kita jadikan satu folder, aplikasi utility satu folder, dan seterusnya. Caranya mudah saja, kita tinggal menimpa satu icon aplikasi dengan icon aplikasi yang lain. Nantinya, kedua icon aplikasi ini akan masuk dalam satu folder. Folder ini bis kita namai sesuka hati, dan pastinya jadi lebih sederhana daripada ada banyak icon aplikasi pada tampilan home Android kita

Penggunaan widget
Widget adalah sebuah kumpulan icon dari suatu aplikasi, sehingga kita tidak perlu membuka aplikasi itu secara keseluruhan untuk mengakses beberapa hal saja. Widgets disukai karena selain menghemat baterai (karena tidak perlu membuka aplikasi), juga bisa membuat tampilan home Anda menjadi lebih bagus.

tema4

Penggunaan tema dari pihak ketiga
Selain menyederhanakan home screen default, ada juga cara untuk mengubah tampilan home screen menjadi lebih unik, yaitu dengan menggunakan aplikasi tema dari pihak ketiga. ada banyak sekali tema (themes) yang bisa kita unduh dari Google Play, buatan berbagai pengembang aplikasi.

Berikut adalah beberapa aplikasi tema untuk Android beserta link informasinya:

  1. Go Launcher EX (dengan berbagai tema yang bisa didownload dari Google Play)
  2. SPB Shell
  3. Next Launcher 3D
  4. dan lain-lain

Makin unik home screen Android Anda, pasti akan menjadi hal yang membanggakan, bukan? Apalagi mendesain home screen sama menyenangkannya dengan mendesain ruangan kita, cuma kita tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk mendesain home screen. Home screen yang nyaman juga pasti akan membuat kita betah menggunakan perangkat kesayangan, serta bisa jadi ciri khas tersendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.