Tips Menghemat Baterai iPad Baru

0
212

Beberapa hari yang lalu, muncul kabar yang menyatakan bahwa baterai iPad terbaru besutan Apple sebetulnya tidak mencapai 100% fully charged ketika indikator baterai menunjukkan 100% saat perangkat dicharge. Jadi, jika ingin iPad berada dalam kondisi baterai 100% sebelum dibawa, ada baiknya membiarkan iPad terhubung beberapa waktu lagi dengan daya listrik, bahkan ketika indikatornya sudah 100%. Namun, hal tersebut tidak disarankan.

 

 

apple-the-new-ipad-01

Kenapa tidak disarankan? Sebab baterai memiliki waktu otimalnya sendiri. Kita semua tahu makin lama sebuah baterai dipakai, makin soak dia, dan lama-lama kerjanya makin tidak optimal. Tapi sebetulnya ada hubungan antara charging baterai penuh-penuh dengan daya hidupnya.

Data dari Battery University menyebutkan, iPad baru ini memiliki suhu 30’C ketika dicharge. Ketika dicharge sampai penuh, suhu tersebut meningkat. Dikatakan, jika kita charge iPadnya sampai 40% saja, maka daya hidup baterai hanya akan menurun 4% tiap tahunnya. Namun jika dicharge sampai penuh, daya hidup baterai tersebut akan menurun hingga 20%.

Fakta ini mungkin menjadi alasan dari Apple “memalsukan” indikator baterainya. Sepertinya, menjaga keawetan baterai iPad baru adalah salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Apple, meski belum ada konfirmasi tentang kabar ini.

 

Sumber:
batteryuniversity.com
mashable.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.