Tips Menghemat Penggunaan Baterai Pada Ponsel Android

0
307

Anda selalu menghabiskan waktu bersama dengan handset dimanapun Anda berada? Seringkali akan tiba saatnya dimana handset kesayangan Anda kehabisan baterai. Solusi dari permasalahan tersebut ada pada baterai cadangan yang mungkin dibawa-bawa oleh beberapa pengguna. Solusi lain adalah mencari colokan listrik apabila membawa chargernya.

Namun ada langkah-langkah yang lebih sederhana untuk menghemat baterai, dan memperjarang proses penggantian baterai cadangan/charging. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana, Android Anda akan bertahan lebih lama dan tidak perlu terlalu banyak dicharge.

  1. Matikan Live Wallpaper.
    Live Wallpaper memang mempercantik tampilan Android, namun menyedot baterai lebih banyak dari dugaan. Segeralah matikan fitur ini untuk memperpanjang masa kerja baterai Android Anda.
  2. Pilih wallpaper, tema, dan aplikasi yang berwarna dominan hitam/gelap.
    Warna hitam memerlukan arus energi yang lebih kecil daripada warna terang. Itulah sebabnya mengapa ponsel dengan dominan display warna gelap cenderung bertahan lebih lama.
  3. Pilih brightness level yang paling rendah.
    Apabila Anda sering bekerja di dalam ruangan, penggunaan brightness yang berlebih cenderung boros energi.
  4. Gunakan sesedikit mungkin homescreen.
    Jangan terlalu membebani prosesor dan RAM, karena proses kerja antara prosesor dan RAM berbanding lurus dengan energi yang diperlukan.
  5. Gunakan widget seperlunya untuk penghematan RAM.
  6. Non aktifkan semua efek animasi.
  7. Gunakan layanan 2G untuk menghemat proses pencarian jariangan 3G, dan gunakan smartphone di tempat yang sinyalnya baik.
    Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya proses pencarian sinyal membutuhkan daya baterai. Apabila Anda sedang berada di wilayah yang sinyal 3G-nya tidak terlalu baik, jangan memaksakan si Android untuk terus mencari.
  8. Lebih memilih dan memilah aplikasi yang digunakan.
    Aplikasi yang berjalan di background akan memakan energi. Bijaklah dalam menentukan aplikasi background yang akan Anda gunakan. Selain itu, aplikasi yang dikembangkan dengan kurang baik berpotensi memboroskan kinerja baterai. Apabila ada aplikasi yang sering hang dan atau menimbulkan notifikasi force close, sebaiknya segera uninstall aplikasi tersebut.
  9. Non aktifkan atau jauhkan interval waktu pada auto-sync.
    Proses sinkronisasi yang dilakukan oleh ponsel memakan daya baterai. Apabila intervalnya dijarangkan, tentu penggunaan daya dapat lebih dihemat.
  10. Matikan GPS, WiFi, dan bluetooth apabila tidak digunakan.
  11. Matikan fungsi getar dan kecilkan volume ringtone jika memungkinkan.
  12. Matikan koneksi data internet jika tidak sedang digunakan.

android-battery

Tips-tips di atas berpotensi mengurangi kenyamanan dalam pengoperasian Android Anda. Apabila masih mengutamakan kenyamanan dalam penggunaannya, silakan pilah-pilah lagi yang mana yang bisa Anda terapkan dan yang mana yang tidak.

Sumber:
www.superampuh.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.