Tips: Optimalkan Fitur Backup pada Handset

0
118

Kehilangan handset merupakan hal yang ditakutkan seluruh pengguna handset. Namun yang lebih dikeluhkan mungkin bukan kehilangan perangkatnya, melainkan kehilangan data-data penting semisal daftar kontak, SMS, notes, dan lain-lain. Banyak diantara kita yang rajin mengoptimalkan fitur pada handset untuk mempermudah aktifitas, namun sedikit yang melakukan proses backup terhadap data yang ada di handset.

misc_backup2

 

Padahal kalau dipikir-pikir, keberadaan backup sangat penting untuk kenyamanan memakai handset. Bayangkan jika kontak di handset sudah lebih dari 500, misalnya, pasti akan susah untuk menginput satu-satu di handset baru. Apalagi proses untuk mendapatkan nomor teman juga bukan proses yang singkat. Merepotkan. Belum lagi notes penting atau janji-janji yang sudah dicatat di kalender handset. Untuk menghindari kerepotan seperti inilah fitur backup ada.

Software pihak ketiga yang mendukung fitur backup juga sudah banyak pilihannya. Beberapa rekomendasi software pihak ketiga untuk backup handset antara lain:

  1. BlackBerry: BlackBerry Backup Extractor
  2. iPhone: iPhone Backup Software, iSafeCopy
  3. Android: MyPhoneExplorer
  4. Windows Phone: SPB Backup (touchscreens), SPB Backup  (non-touchscreens)
  5. Symbian: MyPhoneExplorer
  6. Lainnya: Sony Ericsson: MyPhoneExplorer, Nokia: Oxygen Phone Manager.

Fitur backup sebetulnya sudah ada dari vendor handset kita. Katakan saja dari CD Installer atau dari handset itu sendiri (yang dihubungkan dengan PC). Kalau kita melakukan proses backup secara berkala, pasti kita tidak akan pusing karena data yang hilang. Yah, mungkin hanya pusing karena kerugian materi saja. Dengan membackup data handset, kita bisa menghemat waktu “mengembalikan” data dari handset lama ke handset baru, sekaligus menghilangkan proses interaksi dengan kenalan untuk meminta kontak. Ayo backup data handset kita!

 

Sumber:
tim x-phones

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here