Tips: Reset Ponsel S40 Anda, Apa Saja Macamnya?

0
438

Ponsel apapun pasti tidak akan selalu stabil, ada saja gangguan yang kerap mengganggu kinerjanya. Symbian S60 dan Android merupakan OS yang rentan terhadap serangan malware, dan dapat membuat kinerja ponsel melambat.

Nokia Asha

Perangakat S40 memang lebih tahan, namun tidak menutup kemungkinan kinerja ponsel akan terganggu karena hal-hal yang tidak disadari oleh penggunanya. Seringkali, proses uninstall aplikasi yang tidak berjalan dengan sempurna sering menyisakan file-file kecil yang nantinya akan memenuhi storage perangkat.

Seringkali para pengguna ponsel juga tidak menyadari apa yang terjadi pada perangkat kesayangan mereka, dan mulai merasa ada yang aneh ketika kecepatan proses perangkat tidak selancar biasanya. Bagi Anda yang tidak ingin terlalu repot, melakukan proses reset pada ponsel pasti menjadi pilihan utama. Namun mungkin beberapa diantara para pengguna S40 masih belum mengetahui dengan jelas cara-cara mereset ponsel Nokia ini, dan apa saja efek yang ditimbulkan dari tiap cara reset tersebut.

  1. Soft Reset
    Merupakan sebuah proses yang menghapus file .ini pada sistem, dan menggantinya dengan yang baru. Proses soft reset ini tidak akan menghapus data yang ada pada perangkat, baik berupa foto, video, maupun dokumen. Cara ini juga tidak mempengaruhi aplikasi-aplikasi yang terinstall.
    reset1
    Cara soft reset: Tekan *#7780# pada perangkat Anda. Jika kombinasinya tepat, sistem akan menanyakan konfirmasi untuk melakukan soft reset pada ponsel.
  2. Hard Reset
    Merupakan sebuah proses yang mengembalikan seluruh kondisi operating system dari ROM dan menjadikan ponsel benar-benar fresh. Dalam artian partisi C akan diformat dan seluruh data akan dihapus termasuk data yang terdapat pada memory card.
    reset2
    Cara hard reset (touchscreen): Tekan *#7370# pada perangkat Anda. Jika kombinasinya tepat, sistem akan menanyakan konfirmasi untuk melakukan hard reset pada ponsel.
    Cara hard reset (keypad): Matikan ponsel, tekan dan tahan *, 3 dan tombol Call. Kemudian nyalakan ponsel dengan menekan tombol On.
  3. Restore factory setting
    Mengubah segala setting pada perangkat menjadi default. Caranya pilih menu > Settings > Restore factory Sett > Settings only.
    reset3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.