Trik Nokia S40: Menyembunyikan File dan Folder

0
300

nokia asha 3093Banyak diantara kita yang memiliki file-file rahasia pada perangkat kesayangan dan tidak ingin dibuka oleh orang lain. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi, namun sebetulnya ada trik sederhana yang dapat diterapkan untuk perangkat Nokia S40 agar dapat menyembunyikan file dan folder ini tanpa bantuan aplikasi apapun.

Bagaimana cara sederhana untuk melakukan hal ini? Ada dua cara untuk menerapkan trik Nokia S40 yang satu ini, dan semuanya akan dijabarkan di sini.

  1. Mengubah nama folder menggunakan ekstensi .jad
    Pertama, pilihlah folder yang akan Anda sembunyikan (misal kita contohkan nama foldernya adalah “foto”). Lanjutkan dengan mengganti nama folder tersebut, tambahkan “.jad” di belakang nama folder sehingga nama folder berubah menjadi foto.jad.
    folder1
    Langkah berikutnya, buatlah sebuah folder dengan nama sama, tapi diikuti dengan mengetikkan “.jar” di belakangnya (ambil contoh di atas, folder ini nanti akan memiliki nama “foto.jar”).
    folder2Dengan melakukan hal ini, folder utama Anda akan tidak terlihat lagi. Bagaimana caranya supaya folder utama ini tidak lagi invisible? Balikkan langkahny, ganti nama folder kosong yang dicreate, hilangkan “.jar” pada nama folder. Dengan melakukan hal ini, folder utama Anda akan kembali muncul.
  2. Trik Nokia S40 yang satu ini juga dapat dilakukan dengan mengubah nama folder dengan menambahkan .otb pada bagian belakang nama folder. Dengan menggunakan cara ini, icon folder pada Nokia S40 Anda tidak akan terlihat pada perangkat kesayangan.
  3. Satu lagi cara untuk menyembunyikan folder pada perangkat Nokia S40 adalah dengan menyamarkan folder tersebut. Caranya adalah dengan menambahkan .nth pada bagian belakang nama folder. Dengan melakukan hal ini, folder Anda akan tampak seperti Theme Icon, dan akan mengurangi potensi untuk dibuka.
  4. Folder yang disembunyikan tadi memang tidak dapat dilihat orang, tapi bagaimana jika isinya merupakan file audio dan video? Sederhana, file audio maupun video tidak akan terlihat pada music player Nokia S40 apabila file-file tersebut diletakkan di sebuah folder bernama “Tones”.

Nokia Asha

Trik Nokia S40 ini pasti dapat membantu Anda menghindari tangan-tangan usil yang ingin mengakses file pribadi Anda dari perangkat Nokia S40 kesayangan. Selamat mencoba.

 

Sumber info:
forum.symbian-developers.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here