Upgrade Nokia Firmware ke 210.21.006

0
239

4

Seminggu yang lalu, E71 saya baru rusak (tombol tidak benar). Karena masih masa garansi, maka diperbaiki dengan gratis oleh nokia service center (diganti UI nya katanya). Tapi sayangnya… pemasangannya kurang pas, sehingga kamera nya menjadi terlalu ke bawah (ada gelap-gelap di bawah setiap photo). Ok, next week harus dibawa ke nokia service center lagi untuk diadjust.

Nah, karena mumpung baru beres2 E71. Saya upgrade firmwarenya ke yang baru. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan firmware baru (spt kamera yang lebih bagus, penggunaan wifi yang lebih baik, 3G yang lebih efisien, stabilitas, etc). Tapi belum ada yang bener2 kerasa langsung.

Nah sedikit info ttg upgrade firmwarenya:

  • Pertama-tama kita harus mendownload “nokia software updater” yang kira-kira sekitar >20Mb.
  • Lalu kita harus menginstallnya di komputer kita.
  • Nah ternyata, aplikasi tersebut belum termasuk dengan firmwarenya. Setelah selesai menginstall, kita baru memanggil nokia software updater tersebut.
  • Ternyata kita harus memiliki koneksi internet pada saat menjalankan updater tersebut (kalau koneksi internet yang digunakan menggunakan hp yang sama, artinya harus dicari source internet lain).
  • Pas dijalankan, akan ada pesan-pesan bahwa kita tidak boleh mematikan listrik, mematikan komputer, mematikan hp, mencabut kabel dll. Kalau iya –> bisa rusak. Ternyata juga, kalau pada saat penginstalan kita charge hp nya, ini juga pesannya batere low. Jadi batere harus benar2 full.
  • Nah ini dia yang mengagetkan, pada saat proses upgrade baru berjalan. Ternyata aplikasi tersebut mendownload dan menginstall firmware tersebut dari internet. Dan kagetnya, adalah ukuran file yang harus didownload sekitar 120 Mb an. Tegang deh. di lain pihak internet pelan, di pihak lain, proses upgrading sedang berjalan (saya tidak tahu apakah itu sudah memproses ke dalam hp atau baru di komputer). Alhasil saya biarkan dan ditunggu.
  • Tapi…     setelah 1.5 jam lebih. Akhirnya sukses instalasi. Big fiuh… ternyata di dalamnya termasuk ada theme baru. lumayan, kelihatan beda jadinya.
  • Lanjut deh install2 program yang lain, karena ngga yakin beberapa installer yang lama tetap jalan dengan benar.
  • Oh iya, jangan lupa backup dan restore data sebelum dan sesudahnya menggunakan nokia application. biar data ngga hilang.

Puas nih. Cuma saja ada ganjelan sedikit perihal kamera yang dipasang “nokia service center” ngga pas. Moga-moga nantinya sempurna lagi.

ps. Nokie E71 is the best.

tambahan link info (fitur-fitur upgrade): nokiaaddict.com

Tulisan ini saya ambil dari blog saya :http://blogs.konsep.net/micowendy/2009/upgrade-nokia-firmware-ke-21021006/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.