Virtual Angklung

0
593

Ternyata, masih banyak pengembang aplikasi lokal yang mengangkat kebudayaan Indonesia ke ranah mobile apps. Salah satu dari pengembang itu, DEF team, telah meluncurkan aplikasi virtual Angklung, yang dapat mengubah perangkat Android Anda menjadi sebuah angklung dengan nada yang bisa diganti-ganti.

misc_virtual angklung

Virtual Angklung ini memiliki cara bermain dan layout yang sederhana. Kita sebagai pengguna hanya harus menyentuh Start Menu, dan selanjutnya kita akan dibawa ke sebuah layar yang memiliki gambar 8 buah angklung, masing-masing memiliki satu tangga nada dari Do sampai Do’. Untuk mengeluarkan sebuah nada, kita hanya harus menyentuh sebuah angklung dengan tangga nada yang ingin kita mainkan, lalu kita hanya tinggal menggoyangkan perangkat Android secara vertikal (berdiri)

misc_virtual angklung2

 

Dari sisi display, saya awalnya merasa sedikit kurang nyaman dengan penggunaan satu kelompok warna saja, tapi setelah terbiasa, sisi grafik dari aplikasi ini justru menjadi daya tariknya. Background yang teduh pas sekali dengan gambar angklungnya. Hanya saja, tepian corak batiknya sedikit terlalu terang buat saya.

Posisi ponsel juga sempat membingungkan. Awalnya, ketika menjalankan aplikasi, tampilan pada ponsel adalah landscape (vertikal), tapi berubah menjadi horizontal ketika ingin memainkan angklungnya. Tapi dari sisi audio, aplikasi ini tidak mendatangkan keluhan. Suara yang dihasilkan jernih dan mirip dengan angklung asli.

Aplikasi ini dilepas di Google Play dengan gratis dan berukuran 1.2 MB. Jika Anda dan teman-teman mendownloadnya, mungkin Anda bisa bikin orkestra angklung sendiri. Tertarik?

 

Sumber:
play.google.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.