WikiLeaks Berencana Pindahkan Server ke Laut Lepas

0
301

Fox News mengabarkan, untuk menghindari makin maraknya isu RUU hak cipta Amerika SOPA dan PIPA, WikiLeaks mungkin akan memindahkan server-servernya ke lokasi yang tidak terjangkau oleh hukum. Banyak dugaan bahwa tempat yang dipilih adalah Principality of Sealand, sebuah platform yang berada 6 mil dari pantai timur Inggris. Pada zaman dahulu, tempat itu digunakan untuk sebuah benteng yang dimanfaatkan pada Perang Dunia II.

principality of sealand

Sejarah boleh mengatakan tempat ini adalah sebuah benteng. Namun pada era globalisasi seperti sekarang, Sealand sudah beralih fungsi, jauh dari tujuannya diciptakan. Tempat ini pernah dicatat sebagai tempat penyimpanan data dari sebuah perusahaan bernama HavenCo dengan kurun waktu 8 tahun (2000-2008), namun tidak diperpanjang dengan alasan yang masih samar sampai sekarang.

Uniknya, tempat ini berada di luar yuridiksi legal Inggris, dan hal ini dipertegas oleh keputusan pengadilan. Jadi mungkin saja WikiLeaks memanfaatkan celah hukum Sealand untuk lolos dari RUU SOPA dan PIPA.

Sumber:
teknoup.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.