Windows RT Berhasil Dijailbreak, Seperti Apa Ternyata?

0
360

Desember 2012 lalu, marak isu bahwa HTC berencana  untuk membuat tablet dengan sistem operasi Windows, dan akan menjadi tablet 7 inch pertama yang menggunakan Windows RT. Windows RT ini merupakan OS terbaru dari Microsoft yang dirancang untuk tablet dengan chip ARM. Diproduksi setelah windows 8, kemunculan Windows RT ini pasti akan menjadi topik pembicaraan yang hangat.

misc_winRT2

Menurut beberapa sumber, Windows RT cukup merepotkan, karena didesain untuk perangkat dengan chip ARM, dan tidak bisa menggunakan aplikasi di luar Windows Store karena fitur download aplikasinya dibatasi. Seperti perangkat Apple yang sama-sama terkunci seperti ini, para developer tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan proses jailbreak untuk Windows RT dan kini mereka sudah setengah jalan.

Seorang hacker bernama Clrokr telah menemukan cara untuk melewati security check dari Windows RT sehingga bisa menginstall aplikasi dari luar Windows Store. Malah, proses yang dilakukan oleh Clrokr membuka satu fakta lagi. Fakta bahwa sebenarnya Windows 8 dan Windows RT adalah sama persis.

Apa yang membedakan Windows 8 dengan Windows RT adalah beberapa sekurity check dengan level minimum, yang hanya mengizinkan proses berjalannya aplikasi-aplikasi dengan sign Microsoft. Dengan jailbreaknya, Clrokr sekarang bisa menginstall aplikasi dari luar Windows Store. Satu-satunya kelemahan fatal dari proses jailbreaknya adalah tidak bertahan ketika ponsel mengalami proses restart. Ya, Perangkat ini harus dijailbreak ulang setiap kali direstart.

 

Sumber:
phonearena.com
pocketnow.com
inet.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.